Mengapa Registrasi domain ID membutuhkan syarat?

dotidMengapa Registrasi domain ID membutuhkan syarat? Kenapa kalau yang domain .com tidak memerlukan syarat? Mungkin banyak dari sebagian pelanggan bertanya akan hal ini, sehingga artikel ini kami buat semoga bisa memberikan sebuah penjelasan.

Pada dasarnya, untuk domain ID ( domain yang berakhiran .id) dan domain .com mempunyai perbedaan dalam hal penerbit. Untuk domain ID di terbitkan oleh PANDI ( pengelola Domain Indonesia) di bawah pengawasan menkominfo permerintahan Republik Indonesia. Sedangkan domain .com sendiri di terbitkan oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) di bawah pengawasan langsung oleh pemerintah Amerika Serikat.

Mungkin di lihat dari penerbitnya kita sudah bisa menebak, bahwa setiap penerbit nama domain mempunyai aturan yang berbeda. Dalam hal ini, dari pihak ICANN sendiri tidak memberikan persyaratan apapun untuk memiliki domain .com sehingga kita pun tidak perlu memberikan sebuah persyaratan. Sedangkan untuk domain ID, dari pihak PANDI memang memberlakukan sebuah persyaratan dan ketentuan dengan tujuan untuk mengontrol setiap nama domain yang d daftarkan, serta menghindari konflik atas kepemikikan nama domain yang di daftarkan.

Agak ribet memang, saat kita ingin memiliki domain ID, kita wajib memenuhi semua persyaratan yang wajib di penuhi. Tapi hal ini juga sangat berguna bagi anda, jika nanti kedepannya ada sengketa kepemilikan nama domain. Yang akan di akui sebagai pemilik sah adalah pelampir dokumen yang tertera di persyaratan.

Boleh kah saya meminjam dokumen orang lain untuk registrasi domain ID?

Pertanyaan ini juga sering kami dapatkan, jawaban dari kami: SANGAT TIDAK DI ANJURKAN DAN BERBAHAYA. Kenapa? Ya, tujuan pihak PANDI memberlakukan sebuah persyaratan yaitu untuk mengidentifikasi dan memastkan bahwa pemilik dokumen yang terlampir di persyaratan juga merupakan pemilik domain yang sah. Jadi coba anda bayangkan jika anda menggunakan dokumen orang lain untuk mendaftarkannya? Bias-bisa nama domain anda di akui oleh pemilik dokumen tersebut jika trafik website anda ramai nantinya. 🙂

Mengapa Registrasi domain ID membutuhkan syarat?
5 (100%) 5 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *